Kawah galunggung!

Jul 17, 11. 0536 hrs
Kawah galunggung, 1st impression:
Kelompok KKN gw berame2 ke kawah galunggung yang pertama kali itu hari minggu, minggu pertama tinggal di desa rancapaku. Tanggal 3 juli, kalo ga salah.
Sempet bingung, kita mau ke kawah apa ke air terjunnya nih? Dan anak2 mutusin untuk naik ke kawah. Sebelum sampai ke titik start 620 anak tangga sblm smpai ke kawah, kita naik ojeg dari gerbang masuk pertama kali objek wisata galunggung sekitar 10-15 menitan kalo ga salah. Dan mungkin derajat tanjakannya ada yg sampe derajat-dimana-kalo-ga-pegangan-ama-motor/tukang-ojeknya-kita-bisa-ngejengkang-ke-belakang. Seperti itulah.
Sampe di tangga start, punggung gw pegel bgt, krn naek ojek yg tempat duduknya kaya dari papan. Untung duduknya bukan duduk nyamping, kalo iya, mungkin pinggul gw ud mencong sebelah by the time gw turun dari ojek.
Nah, abis turun dr ojek, kita makan. Abis itu mulai naik tangga. Adalah si andre, si sombong yang sama brengseknya ama gw, yang sok keren pisan lari dari tangga paling bawah ngejar gw n tazkia n ryan yg udh paling dluan naik tangga.
"Lama lo!" Sambil lari keatas ngeloncatin anak tangga selang dua-dua.
"This turtle will race you, rabbit!" Pikir gw.
Pas mulai ga sabar karena anak tangga yang keliatannya tidak akan pernah abis, gw mulai ngangkat kaki sambil nginget pelajaran hidup: everything is always start with step 1, and 2, and 3, and go along sperti anak tangga yang cuma 620. Ga susah nyampe ke puncak. Beneran. Ga sesusah pas pelantikan TMA yg jalannya susahnya sesusah.....mm, kata yg lain sih ga susah. Buat gw susah. Hehe
Akhirnya sampe deh ke puncak dari 620 anak tangga, dimana kita bisa ngelongok ke bawah ngeliat kawah yang baguuuussss banget. Kawahnya semacam dipagari oleh permukaan gunung yang retak (kata ryan, retakannya itu disebut 'faucet'). Hari itu ga ada awan, cerah bgt. Jadi gw melihat batas tegas antara garis hijau gunung dan langit biru. Bagus, bagus bgt. Kayya pemandangan di film sanctum.
Gw n tazki sampai dengan selamat, dengan perasaan iyeah! We did it! We are kings of the world! Terus duduk2 ngeliatin pemandangan. So excited! Pas nyampe ryan muntah, kayanya masuk angin, ato ga, makan siangnya kebanyakan, jadi keluar semua.
*Emang dasarnya gw nyebelin kali ya. Rasanya kebiasaan ngeledek gw makin susah dikendalikan since I have I wrong bad principle, but it always work to shorten the distance between strangers: semakin lo brengsek, semakin bisa lo menjadi temen gw. Semakin bisa lo ngatain gw, semakin mungkin lo jadi temen gw. Mmm. No comment. Learned this from jerks in the states.
Terus baru liat2 bentar, si the mima udah sampe di tempat gw tazki n ryan. Terus dia teriak, "kamu bawa obat asma kan? Turun ke bawah sana, andre asmanya kambuh!"
Wiiihhh. Gw merasa bersalah sebersalah-bersalahnya. Gw tau andre itu asma, gw tau disana itu dingin, gw tau dia ga bakal bisa nyampe kalo tenaganya diabisin dia awal untuk naik tangga sambil lelarian gitu. Knp gw sama sekali ga kepikiran sblmnya?
Akhirnya gw turun. Dan gw ga foto sama sekali di kawah itu.
Sesampenya di rumah, andre ama ryan jadi bahan ejekan gw. Ryan: katanya anak geologiii, naik kawah aja muntaahh.. Andre: *haha janganlah, ledekan gw jgn ditaro disini, terlalu nyebelin and not worth repeating. Tapi andre emg sebegitu nyebelinnya shg gw hrs lbh nyebelin buat nyaingin dia.
--------------
Kawah galunggung, 2nd impression:
Gw dan tazki berhasil ngebujuk ryan dan ian untuk nemenin kita ke kawah galunggung lagi. We were so eager, untuk ngebalesin dendam krn di kwh galunggung part one, gw n tazkia ga sempet foto2. Alhamdulillah!
Misalnya ryan ga dianterpun, kita berencana naik angkot.
Pas di perjalanan, aji ngebbm gw, tnyata dia mau ke galunggung juga! Jadilah janjian di tempat. Ih asik. Gw ud lama ga ketemu aji ama ubay. Yang tadinya semangat 100 persen ke galunggung, skrg smgtnya makin naik, apalagi stlh ian berhasil kami informed consent untuk diculik dan dia bersedia.
Wih, naik tangga dg semangat 45 tea gw teh.
Perjalanan 620 tangga ga segampang yang kmrn buat gw.
Beda ama perjalanan kmrn, gw istirahat lbh banyak. Dan yg sebelumnya gw ga pernah duduk di tannga untuk istirahat, skrg gw duduk 2-3 kali. Si ryan bilang,"mana yang pas di mobil paling semangat kesini, baru segini aja ud cape?" Haha, sialan.
There was something wrong. Kayanya gw kualat. Sampe diatas. Gw ngerasa capeee bgt. Si ryan lagi2 nyeletuk,"wih, lo capenya kaya gw kmrn tuh, bentar lg paling muntah." Gw terlalu cape untuk ngebales "gandeng maneh." Berisik kamu.
Sorry, I am trying now to be very descriptive, because that day I thought I was dying.
Tiba2 perut gw mules. Seperti ada yang menekan usus gw dari dalem perut, kaya maksa usus2 itu keluar. sakitnya 1 garis, dari xiphoid processus turun ke umbilicus, terus ke sepanjang perineum. Yang paling nyiksa di sepanjang perineum sampe umbilicus. Ya Allah, gw ga pernah sakit sesakit itu. Gw bilang, "tazkii, gw mau tidur di paha tazkii." Jadilah gw tidur dg kepala di paha tazkia, badan gw diatas pasir.
Dari bangku, gw jalan di papah tazkia, sambil nunduk kita ke warung terdekat. Pas mau duduk, gw muntah. Terpaksa lari ke rerumputan terdekat. Setelah 3-4 kali exploding, sakit diperut gw nyebar dari sias ke sias. Gw inget detail.
Setelah gw balik ke warung, gw mulai ga inget detail. Yang gw inget tangan gw udh mulai kesemutan dan kaku. Jari2 gw ketarik inversi ke proximal pergelangan tangan. Gw inget kang andhika pernah ngasih tau bentuk tgn sperti itu. Gelaja hypotermia. kaki gw mulai dingiiinn bgt, lidah gw ksemutan dan rasanya bergetar2, perut gw udah kaya...ga tau kaya apa.
Gw ga tau ryan apa ian yg bilang, "kita bikin tandu aja. Cpt2 turun." Perut ama punggung gw dibalur kayu putih. Ga tau ama tazki apa sama ibu warung itu. Kaki gw dipijit, sakit bgt rasanya. Terus tiba2 udah ada aji. Ada ubay. Gw sempet mau bercanda, gw inget. Tapi lupa jadi bercanda apa engga, waktu itu pokoknya gw mau bercanda.
Gw megangin tangan yg anget, ga tau tangan siapa, terus megangin leher orang yg panas, gw ga tau leher siapa, gw ga tau siapa yg ada di kaki gw, gw ga tau siapa yg nempelin botol air panas di punggung gw. Yg gw inget, ya Allah sembuhkanlah saya. Dan gw bener2 ga mau terjadi apa2. Krn 620 tangga itu ga asik dijalani kalo bbrp org harus ngebopong badan gw yg segede ini.
Kata tazki, gw nyebut2 astagfirullah, ya Allah sembuhkan saya, dan manggil2 nama dia. Tazki bilang, tadi gw takut ngeliat gw sampe istigfar, iya taz, gw jg takut -_-. Kayanya botol air panas ama leher panas sgt membantu gw. Selain pas gw sembuh jg udah jam stgh 11an. Matahari ud tinggi dan cerah. Kata ubay gw harus duduk dibawah matahari. Gw ikutin. Perut gw masih kaya hell.
Gw lupa bahwa:
1. Kita sampai di titik start naik tangga jam 9an pagi. Masih dingin, awan masih dibawah.
2. Dengan bodohnya gw cuma pake tanktop dilapis jaket tipis kotak2 kesukaan gw.
3.gw ga pake jins, tp pake celana bahan yg terlalu ga menghangatkan
4. Gw haid hari pertama
5. Gw sarapan telor dadar 1/2 butir sama kentang 2 sendok makan.
Disinilah gw merasa, gw teh anak kedokteran dodolnya keterlaluan.
Pokoknya abis itu baik2 aja. Gw seneng gw bisa ke kawah galunggung lagi. N minta maaf ke tazki, ryan, ian krn nyusahin. Ini foto2nya:

Dan di mobil tazki, ryan, ian ngerecall2 kejadian tadi. Gw nanya2, sambil ngebayangin, tadi gw punya dosa apa sampe perut gw sesakit itu. Leher yang menyelamatkan itu tnyata leher tazki g penuh keringat. Haha. I was happyhh! Terserah nanti ryan ama andre mau ngebully gw kaya gimana. Yg penting gw seneng! Alhamdulillah!!