kkn: belajar.....apapun.

july 10, 2011. 2343 hrs.

yakin kan ya bahwa segala sesuatu yang kita punya sekarang ini, pasti, PASTI, eventually bermanfaat buat kita ayeuna pisan, or someday in the future.

kata tazkia, KKN itu ga pernah gabut, tinggal seberapa kita membuka mata, buka telinga, dan buka mulut, ya bertanya maksudnya ttg apapun yang ada di sekitar kita. jadi, ilmu di desa tempat kkn kita ini selalu ada, tinggal kitanya berusaha untuk menangkap itu apa engga..

hari2 terakhir ini gw habiskan bersama Mul, Rian, dan Yusril. si Mul belum sekolah, rian ama yusril masih SD, setelah sering ketemu mereka di acara gosok gigi dan cuci tangan, mereka bertiga emang yang paling sering dateng ke depan rumah pagi2. yaa, keberadaan mereka pasti bawa manfaat, yaitu: belajar main layangan, sore kemarin, gw melihat their technical intelligence dalam mengejar layangan putus, ngumpulin gelasan (benang yang udah dicampur ama serbuka kaca, supaya kalo bergesekan ama benang layangan lain, layangan lainnya bisa putus, tinggal layangannya dikejar, siapa cepat, dia dapat), belajar juga dari si Dede yang larinya secepat kilat, only if he sees the layangan putus. naik pohon kelapa demi seuntai benang yang nyangkut, wih.

rasanya, selain tuhan sembilan senti, a.k.a rokok, orang2 disini mendewakan layangan. dari yang umurnya 5 tahun, mungkin sampe umur 20an tahun, setiap sore mereka main layangan. kalo udah ada layangan putus, mereka teriak2 semacam saat bachdim udah berada di penalty box dari tim oposisi. dan begitu liat layangan putus, semua anak lari! dan lebih keren, dari sudut pandang layangannya, dari bawah, orang menngejar dari segala penjuru mata angin, ada yang ampe nyebur ke sawah, lari secepat mungkin motong pematang sawah, wih, ini momen yang bener2 belum gw dapet dimanapun.

kadang, tiap malem gw bertanya sama Allah, ya Allah, kenapa aku bisa-bisanyaaaa sekelompok KKN ama orang2 gila ini. to be honest, di kelompok KKN ini kalo ketawa bisa 10 menit ga berenti, dan pake acara tertawa bersambung (jadi kalo ada yg inget2 kejadian bodoh, ujug2 mereka suka ketawa sendiri dan ngerangsang yg lain ikut ketawa) ada yang ampe ngompol, hahaha. astagfirullah, dalam hati gw mikir, seandainya gw idup sama orang macem kaya gini, mungkin gw ga bakal tua, awet muda. ketawa mulu soalnya. paling keriput2 yang muncul yang digaris senyum. haha.

dan yang sangat gw tidak mengerti adalah....sekelompok sama teh mima yang suaminya rajin pisan ngejengukin. semacam bikin uli bilang,"haduh, lama2 gw ngobrol ama teh mima tiap malem, bisa2 pulang dari kkn gw minta dinikahin nih.." haha. tapi emang bener, teh mima salah satu yang gw pertanyakan ke Allah, ya Allah, perasaan dulu aku kkn cuma berdua aja ama tazkia, kenapa ujug2 ada anak pindahan berupa 2 sosok teh mima dan icha? yaaa, karena itu, pelajaran yang mostly mata, kuping ini tangkap dan mulut ini pertanyakan yaa adalah ttg ... marriage.

ini semacam threshold merendah ttg paradigma 'ngomongin nikah sekarang aja'. mesti hati2 menjaga hati2.

ya, i have been also learning about marriage so far from my parents. tapi its more philosophical, tentang memilah dan memilih. kalo yang teh mima ceritain lebih ttg..feeling? mungkin feeling adalah diksi yang mewakili.

dan doa apa yang jadinya sekarang sepertinya akan gw hadirkan di sujud2 gw:
"ya Allah, bukakanlah pintu surga untukku selebar-lebarnya, sebanyak-banyaknya, selain pintu surga dari suami yang berpoligami dan pintu surga dari syahid saat melahirkan."

2 comments: