social networking dan hepatocyte-ku..

entah, aku ngerasa social networking, kaya twitter, kadang2 bbm ngebuat orang angkuh dan sering kali salah memaknai..

ga jaranglah temenku galau, atau ngerasa marah, atau ngerasa ditowel harga diri, atau ketenangan, atau apapun itu hanya karena ngeliat tweet temennya/seseorangnya/siapapunnya. apa ya? semakin sedikit kata yang bisa dipampang di twitter, atau di bbm, atau blog, any other social networking, semakin luas interpretasinya. syukur2 kalo orang yg ngebacanya ga penasaran, kalo orangnya suka penasaran, suka mau tauuuu pisan, wah gosip bisa muncul, prasangka, dll dsb.

semakin kesini, people have broader scope of mutual friends, tapi smaller bravery to speak in person. -_-"

cerita dulu pas kkn. temenku si A sangat menentang yang namanya KKN, ga guna katanya, "mending gw kerja!" he has son and wife to afford, daripada sekedar Kongkow-Kongkow Ngopi. yaa, mungkin kekesalannya itu yang kehilangan sekian lembar uang karena hidupnya tertahan di pedesaan disalurkan via social networking, yang tentunya bukan alasan mengapa dia ngerasa KKN buang2 waktu, tapi umpatannya yang notabene, puncak kekesalannya. yaaa, instead of bilang, "karena udah punya keluarga, gw merasa KKN ga guna, karena menghambat gw bikin duit." tapi karena keterbatasan karakter, yang keluar cuma "unp*d samp*ah, gobl... yang myemyemye" ya gitulah, kata2 yang kasar.

ya ga salah juga sih, di satu sisi emang, toh twitter/fb/bbm ini kan punya gw, kumaha aing weh,

tapi kalo ngeliat reaksi orang yang ngebacanya. beuh, lebay. dan herannya, percakapan itu hanya di dunia maya aja, pas hari2an, pas sarapan, ga ada sama sekali pembicaraan ttg itu.  sampai akhirnya memuncak, sampai akhirnya mesti dibikin forum hanya untuk ngomongin adu mulut di fb/twitter itu(yang ga pantes dibilang adu mulut sih, tapi adu pengecut2an untuk ngomong langsung. oops, terlalu jahat kata2 gw, yasudahlah, maaf pemirsah!) ..

dan gw bingung aja, saat itu, why was i the only person who talk to him ttg bagaimana seharusnya dia behave, sedangkan tmn2 yang lain cuma ngomong di belakang, dan didnt even start to make conversation with that person. ini bukan ttg gw bilang bahwa apa yg gw lakukan benar, dan yang orang lain lakukan salah. tapi gw heran, knp yg lainnya ga mau memulai berdiplomasi?

mencoba melihat dari sudut pandang lain, mungkin bbrp org memang bagus berkata2 lewat tulisan ketimbang lewat mulut. kali lidahnya suka kepeleset. ya, ini gw bgt sebenernya. jadinya mereka lbh milih ngomong di dunia maya. itu pemikiran positif dari gw, tapi sayang, mostly yang aku liat ya orang2 yang kadang takut melihat orang langsung ke matanya.

mmm, ga tau sih, ga salah punya account social networking kaya gitu, toh emg informatif. tergantung siapa pemakainya juga. tapi entah kenapa aku lebih sering melihat mudharat daripada manfaat.

dan aku juga heran, dengan diskusi2 konsep, teknis di di twitter, apalagi netmeet, ato chatmeet untuk rapat.. -____-" itu kaya komunikasi memang satu tema, pemikiran bisa macem2. TANDA KOMA ITU KRUSIAL, kawan. dan herannya byk orang yang suka ngomong ga pake tanda koma. dan intonasi bicara itu juga penting. jujur, gw suka salah mengartikan nada bicara, maksud, dll kalo bicara di bbm ato ym. mungkin ke orang2 yang udah sering berinteraksi bareng, im fine with that. to me, netmeet is pain. orang kaya bisa ngaso dulu sebelum pemikirannya disampaikan. bisa ngabisin waktu berjam2 without significant changes. mending ketemu. fokus orang bisa terlihat, siapa yang antusias, siapa yang engga.

yah, mungkin ada orang2 yang bagus dengan cara itu, no problem. mungkin gw hanya seorang dari bbrp orang yang lebihh suka melihat dan bicara langsung ke mata lawan bicara gw.

hmm, yah, sejauh ini, gw cukup punya fb yang berguna untuk say hello, update tugas kuliah, dll. cukup punya bbm yang mengurangi tagihan hp gw tiap bulannya (walopun untuk yg satu ini, aku juga ga gitu suka, reluctant untuk memiliki dan menggunakannya. tapi on the other hand, bbm penting buat mam memonitor anaknya, bahaha, so, i cant get rid of that.) twitter? mmm, emang sih ga punya twitter bikin gw basi, haha. tapi, bagaimanapun, gw hanya menjauhkan diri dari hal2 yg kira2 aku anggap kurang bagus untuk diriku sendiri.

ps. aku pernah dikatain kejam karena ngapus contact org dr list contact bbm aku, aku pernah dibilangin sombong krn newbee bb tapi ga ngeadd org, aku ga gitu suka the idea untuk ganti display name untuk pengganti doa selamat ulang tahun, aku ga suka baca status update org , i keep my friends list in fb, org yg gw ga kenal nama panjangnya kdg2 ga gw approve jd temen (pdhl gw pelupa pisan ama nama org -__-", my bad), aku paling heran ama orang yg cerita ke aku dia galau hanya karena timelinenya twitter, gw suka bingung kalo ada org yg ngeadd bbm tapi gw sendiri ga tau dia punya bb. hal paling aneh yg pernah aku rasain adalah ketika kang kyan ngeadd bbm aku, karina nurizky (yg waktu itu namanya sgt asing di pikiranku) dan lauditta humaira (yg tnyata anak fhui yg anak afs, yang aku ga tau gimana caranya dia dpt pin aku). knp aku heran? krn simply aku ga tau sopan santun di bbm gimana.

so, the question is, is this me being sok eksklusif shg menganggap aneh aksi dan reaksi tmn2 di social networking, apa sebenernya aku social netwoking phobia? yang jelas, teman2ku punya networknya sendiri nih, di hepatocytekuu :D

oia, minal aidin wal faidzin ya :) semoga amal ibadah kita diterima Allah. mohon maaf kalo aku, pastinya, suka salah kata, salah mimik, salah berbuat. may we be forgiven.
 

3 comments: